jokowi presiden ri ke 7

kreteria cawapres untuk Jokowi

Setelah di deklarasikannya Joko Widodo atau yang akrab di panggil jokowi menjadi calon Presiden Republik Indonesia oleh PDIP, kini muncul spekulasi beberapa calon wakil presiden, dan Jokowi pun berhembus tentang kreteria cawapres yang akan mendampinginya.

Kata Jokowi tentang cawapresnya nanti nggak peduli mau tua muda, pengalaman atau tidak, laki atau perempuan. Yang penting menguasai medan makro. Tidak hanya makro ekonomi, makro politik, geopolitik juga,” ujar Jokowi di depan pagar Balaikota DKI Jakarta, Selasa (18/3/2014).

blusukan-jokowi-presiden-ri

Jokowi menegaskan, dirinya tak masalah dengan cawapres yang lebih tua atau pun yang lebih muda. Usia, menurut dia, tidak masalah. Yang penting bisa diajak kerja dan kerja.

“Kalau saya yang muda boleh, yang setengah matang boleh, tua juga nggak apa. Kalau saya nggak mau bedakan tua muda, laki-laki atau perempuan,” ujar Jokowi.

Lantas dari kriteria tersebut, apakah Jokowi sudah mengetahui siapa tokoh yang akan menjadi cawapresnya? Mantan Walikota Solo tersebut mengaku menyerahkan hal itu kepada pengurus pusat PDIP.

“Tanyakan ke partai. Kalau saya sekarang ini fokus ngurus di Pileg dulu,” ujar Jokowi.

Dia mengungkapkan, pembahasan cawapres di internal PDIP sendiri saat ini telah sampai pada tahap menyamakan kriteria. Namun belum sampai tahap penyebutan nama-nama bakal cawapres.

“Saat ini belum, setahu saya sekarang baru pada membahas kriteria-kriteria di partai. Ya nanti ketemu kriteria-kriterianya. Kalau sudah final baru bicara orangnya,” tandas Jokowi.